Resep Pizza Paling Simple!

 


Hii kali ini aku akan share resep pizzaa


Jadi, karena aku punya banyak fermipan, akhirnya aku mencari tahu resep yang menggunakan fermipan dan akhirnyaaa memutuskan untuk membuat pizza. resep ini kuambil dari tasty tapi banyak yang kuubah sih... langsung aja ya!

Pertama, aku merebus air dulu, gunanya agar suhu air hangat600 ml (biar tau kalau ragi mengembang) setelah airnya panas, masukkan 2 gram gula (kalau aku kuganti pakai satu susu bubuk saset yang dancow) lalu aduk dan tunggu hinga suhu sedang (coba celupkan jari kalau rasanya biasa aja, alias hangat tapi adem skskk) baru masukkan 2 sendok teh ragi dan aduk, tunggu 15 menit sampai ragi mengembang.


Setelah itu, kita masukkan875g tepung serbaguna ke mangkuk terpisah (aku pakai segitiga bitu) dan  ayak, campurkan garam satu sendok teh, dan enak sendok makan minyak zaitun (ganti juga boleh) lalu aduk dan campurkan cairan ragi.. tadaaa campuran adonan sudah jadi!

Nah, setelah aduk hingga tepung tercampur, kalian akan sadar kalau memang adonan terlalu lembek, tambahkan tepung. Intinya, campur rata, uleni, tambah tepung/minyak seusai perasaan sampai adonan kalis dan berbentuk. Selanjutnya, baluri tempat dengan minyak, masukkan adonan dan diamkan minimal satu jam.



Oh ya adonan ku ada 2 versi, yang satu ku diamkan 1 jam dan hasilnya lumayan beda dengan yang satunya ku diamkan semalaman (nunggu ayahku pulang,) dan ukuran, kelembutan adonan cukup ada perbedaan. Setelah adonan di diamkan, uleni dan dibagi sesuai porsi lalu diamkan 15 menit, lalu bentuk sesuai selera.

Sambil membentuk adonan, panaskan oven selama 10 menit sekitar 230 derajat celcius. Ratakan saus pizza (aku pakai ikan disuir dicampur saus instan pasta) dan tabur toping sesuai selera dan masukkan ke oven dengan suhu 230 derajat selama 15 menit.



Adonan akan keluar dengan warna keemasan cokelat, tekstur crunchy (memang pizza yang asli begini) tapi empuk didalam, toping juga pas kematangannya, pokoknya top!

Adios! selamat mencobaa..



Beberapa kejadian yang saya alami selama mencoba:

-  Adonan lengket, terlalu lembek sampai tambah tepung entah berapa gram dan minyak ber sendok sendok

- adonan yang nempel ke wadah

- adonan yang kurang kalis, harus uleni dengan tenaga

- cara bentuk pizza yang akhirnya kulihat turtorial di ggogle.

Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes