Resep Tongbaechu Kimchi~


Tongbaechu-kimchi 통배추김치
Bahan yang diperlukan :
- Nappa Cabbage (kalau tidak ada pakai sawi putih biasa juga tidak apa-apa karena aku juga pakai yang biasa T_T . Pilih sawi yang banyak daun hijaunya, yang bersih dan mulus) : 2 kg
-Wortel : 2-3 buah ukuran besar
-Korean Raddish (mirip daikon/lobak. Ini optional, Aku juga nggak pakai)
-Daun Bawang : 10 batang
-Daun Kucai (optional)
-Tepung Ketan Putih (Glutinous Rice Flour) : 2 tbsp
- Air 2 Cup atau 236.59 ml

Cara :

1. Buat udang/cumi yang diasinkan, dengan cara membersihkannya terlebih dahulu, beri garam sampai rata, diamkan di kulkas (bukan Freezer) 3-7 hari. Lanjutkan langkah dibawah setelah ini sudah disiapkan.

2. Cuci sawi sampai bersih (daun sawi yang basah akan lebih mudah menyerap air,) potong bagian bonggolnya (ujungnya.)  Ada  lepdua cara, kalian boleh potong daunnya per lembar atau dibagi dua saja sawinya. (Aku cara pertama)

3. Beri garam di semua lembaran daun sawi sampai rata. Lalu ditumpuk dan didiamkan. Bolak-balikkan setiap 30 menit.

4. Sambil menunggu waktu untuk membalik sawi, siapkan bumbunya. Pertama, campurkan air dan tepung ketan sampai larut, nyalakan kompor, rebus selama 7 menit dengan api sedang (sampai mengental dan transparan) lalu matikan dan campur dengan gula aren (gula Jawa atau gula pasir juga boleh) lalu diamkan agar tidak panas.

5. Selanjutnya, Bawang bombai, bawang putih dan jahe di blender sampai benar-benar halus. Haluskan juga udang/cumi yang sudah diasinkan tadi, sisakan beberapa tetap utuh untuk menambahkan rasa dan tekstur.


6. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, juga Korean Red Pepper Flakes, Soy Sauce dan Fish Sauce ke dalam larutan tepung ketan+air yang telah disiapkan di no.4.
Note : Pastikan larutan No. 4 sudah adem.

7. Kupas dan potong wortel dengan bentuk julienne (memanjang dan tipis.) Potong juga daun bawang dan kucai. Campurkan semua bahan ini ke larutan bumbu yang telah kita buat di nomor 6.

8. Pada stage ini kalian setidaknya sudah membalik sawi 2-3 kali. Jangan lupa sedikit menekan sawi setelah membalik agar sawi terendam rata dengan garam.
Note : jangan terlalu lama merendam sawi dengan garam karena hasilnya akan terlalu lembut dan berair. 1 jam atau 1 jam lebih sedikit paling lama, tergantung dengan jumlah banyaknya sawi yang digunakan.

9. Setelah itu, cuci sawi sampai benar-benar Persih dengan air mengalir, (air rendamannya dibuang saja) setelah yakin sawi sudah bersih, tiriskan.

10. Beri perlembar daun sawi dengan bumbu yang sudah jadi tadi pastikan rata. Akan lebih baik jika mengoles bumbu dengan tangan.
Note : Jangan lupa susun sawi ini kepala dengan kepalanya lalu kaki dengan kakinya, agar lebih mudah saat mengambilnya nanti.

11. Setelah sawi telah di ratakan dengan bumbu, kimchi sudah jadi dan bisa langsung dimakan saat itu juga secara fresh! Akan lebih enak dan lebih baik dija didiamkan di kulkas dulu di tempat tertutup selama 2-3 hari. Atau sampai kimchi ini mengeluarkan air dan berfermentasi.

Ini hasilnya setelah di fermentasi kan 2 hari. 👆🏻 Bisa dimakan sebagai side dishes atau dimakan bersama nasi panas atau bisa juga dibuat jadi kimchi fried rice~
Share:

2 komentar :

  1. Terimakasih banyak kak, sy penikmat kimchi ^^

    BalasHapus
  2. subhanallah
    aku tetiba laperrrr
    di kepalaku ada bayangan kriuk2 sawi putih pedes seger yg lekerrr

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes