Cerita Ramadhan : Resep


Resep takjil sehat tanpa gula tanpa sirup!

Puasa Ramadan identik dengan sahur dan buka puasa porsi buanyak, ada es teh, kolak, es campur, hampir semua orang begitu. Dulu aku juga begitu, sudah makan nasi, es teh, kolak manis entah kolak labu atau pisang, selesai taraweh minum es campur dan cilok Hadeh, santap sahur dengan porsi satu piring penuh plus ngemil, ngalahin Emak yang hanya makan satu sendok nasi.

Tapi itu dulu... Ramadhan tahun ini, aku coba mengurangi nasi, gula, tepung tapi perbanyak makan sayur dan buah ya, banyak orang yang bilang seperti ini, "Kan masih kecil, ngapain harus jaga makanan, masih kecil itu masih pertumbuhan bla... Bla... Bla..."Asal kalian tahu saja, sekarang banyak anak remaja karena makanannya tidak dikontrol, hangout beli es krim, susu, milkshake, ramen, bakso dan segala snack lainnya yang sedang booming  jadilah berat badan mereka bertambah.

Mamahku, selalu mengingatkanku agar jangan terlalu sering makan jungkfood dan minum manis. Nah buka puasa hari ini, aku bikin es tanpa gula tanpa sirup.

Siapkan blewah atau timun suri (di sini harganya masih agak mahal, 8.000 perkilo karena baru musim katanya) dan pilih jeruk peras manis kalau tidak suka yang asam, (lagi musim, loh, murah, di sini banyak banget yang jual es jeruk plus madu atau gula harga 4.000 sampai 5.000) air, dan es. Lebih sehat lagi kalau di tambah Chia Seed (bukan selasih, mirip memang, mengembang juga kalau di air.)

Nah, timun suri atau blewah ini biasanya di hidangkan di sirup manis. Tetapi, ini tidak. Peras jeruk, potong timun suri secukupnya, beri air dan es, tada! Seandainya diberi gula pun tidak sebanyak kandungan gula dalam sirup. Lagi pula, timun suri atau blewah nya kan sudah manis, jadi walaupun hasilnya sedikit asam jadi tidak terasa.

Aduh.. Bicara in soal makanan jadi ngiler sendiri. :w

Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes