1. Review Kuliner #3 Es Sagwan

Hari ini, aku akan review es Sagwan, nih. Es khas kota Tegal yang terkenal enaknya. Biasanya, kalau minum es Sagwan, aku ke jalan Ar.Hakim tempat warung Soto dan Es Sagwan Putra berada. Di warung itu, tidak hanya berjualan Es Sagwan Pink lho, tetapi, juga berjualan Soto, Sop, lengko, dan yang lebih spesial lagi, Es Sagwan Cokelat!

Oh ya, untuk yang belum tahu apa itu es Sagwan, itu, Es yang ada santan, gula, es serut dan tape atau semacam dawet tapi bukan dapet, teksturnya lebih keras, terbuat dari tepung kanji. Harganya bervariasi, biasanya sekitar enam ribu rupiah, namun kalau di mall itu lebih mahal.

Nah, uniknya warung ini, menjual es Sagwan cokelat! Eits.... Bukan dari cokelat beneran, warna cokelat ini berasal dari gula jawa. Rasanya jauh lebih gurih dari pada yang berwarna merah muda, tetapi, kalau aku lebih suka yang merah muda, sedangkan Mama ku lebih suka yang pink. 

Kalau yang merah muda, warnanya berasal dari pewarna makanan, kalau yang cokelat menggunakan gula jawa, kalau yang pink menggunakan gula pasir.

Beda warung beda cara menyerut es nya, lho! Kalau aku dan keluargaku lebih memilih warung yang menyetir menggunakan mesin dibandingkan menggunakan tangan. Kalau di warung Soto dan Es Sagwan Putra ini, menggunakan mesin.

Seperti yang tadi aku katakan, warung ini menjual soto, harganya, untuk ayam, 12 ribu, campur 12 ribu, babat 12 ribu, daging 15 ribu. Kalau lengkap harganya 8 ribu. Sop 12 ribu.

Sudah dulu, ya! Terima kasih telah membaca blog ku. Jangan lupa kunjungi Blog sebelumnya, ya! Tunggu postingan Blog ku selanjutnya.
Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes