Review Buku Totto Chan




Review buku #3 Totto Chan #1

Ada yang tahu buku Totto Chan : Gadis Jendela? Buku tua yang cetakan pertamanya kurang lebih 35 tahun yang lalu dan cetakan ketiganya pada tahun 2003? Baru beberapa hari yang lalu saya mendapatkan buku Second Hand Totto Chan seharga 30 ribu yang seharusnya harganya sekitar 180 ribu.

Buku ini mendapatkan gelar bestseller dan sudah diterjemahkan berbagai bahasa. Juga ada acara Televisi khusus buku ini  lho. Karena buku ini adalah True story dari orang yang sangat terkenal di Jepang bernama Tetsuko Kuroyanagi, seorang Duta Besar untuk UNICEF sekaligus penasihat World Wide Fund dan juga, ia seorang artis dan host.

Nah, langsung saja saya tulis review singkatnya, ya! 

JUDUL : Totto Chan : Gadis Cilik di Jendela
Penulis : Tetsuko Kuroyanagi
Tokoh : Tetsuko Kuroyanagi (Totto-Chan atau Totto Chan,) Akira Takashi, Sakko Matsuyama, Miyo Kaneko, Taiji Yamanouchi, 
Isi Cerita : Ada seorang anak, Tetsuko Kuroyanagi namanya, biasa di panggil Totto Chan. Masih kelas satu. Baru beberapa minggu di sekolah baru, Totto Chan langsung di keluarkan karena gurunya sudah merasa sebal pada Totto Chan karena selalu membuat ulah. Contohnya, Totto Chan selalu memasukkan dan mengeluarkan alat tulis dari loket buka-tutup yang menyebabkan suara berisik. Contoh lainnya lagi, Totto Chan suka duduk di jendela dan memanggil para pengamen. Guru sekolah Totto Chan menganggap Totto Chan nakal, padahal tidak, Totto Chan hanya penasaran. 
Akhirnya, Totto Chan dikeluarkan. Mama Totto Chan tidak memberi tahu Totto Chan bahwa ia dikeluarkan. Mama Toto Chan pun memindahkan Totto Chan ke Tomoe Gakuen. Cukup jauh dari rumah Totto Chan, Totto Chan harus berjalan lima menit dari rumah ke Stasiun Jiyugaoka, lalu di stasiun, Totto Chan harus menaiki kereta selama sepuluh menit. Totto Chan dan Mamanya pun sampai di sekolahan. Totto Chan dapat melihat gerbang yang terbuat dari pohon, bertuliskan Tomoe Gakuen. Hanya ada satu bangunan kecil, sisanya gerbong kereta yang bermekaran tanpa jendela. Totto Chan dapat melihat murid yang sedang belajar. Totto Chan senang sekali, tidak sabar melakukan 'perjalanan' di gerbong kereta. Mama Totto Chan membawanya ke kantor kepala sekolah, kepala sekolah itu bernama Sosaku Kobayashi. Mama Totto Chan diminta untuk pulang, sedangkan, Mr. Dibatasi meminta Totto Chan menceritakan apa saja, akhirnya, Totto Chan bercerita selama empat jam dan Mr. Kobayashi tetap mendengarkan, setelah itu, Totto Chan diterima. 
Totto Chan sangat senang, akhirnya Totto Chan keluar dari ruang kepala sekolah. Mr. Kobayashi mengajaknya ke Aula. Saat itu sudah jam makan siang, Mr. Kobayashi mengecek semua makanan anak-anak. Lebih baik jika ada 'sesuatu dari gunung dan sesuatu dari laut' yang berarti, seperti ikan dengan sayuran. Jika ingin tahu lanjutannya beli bukunya, ya!
Oh ya, ini sangat direkomendasikan untuk guru, lho. Karena, di situ ada contoh guru yang baik untuk muridnya. Contohnya, saat Totto Chan membuat sesuaty berantakan karena ia sedang mencari sesuatu, bukannya Mr.Kobayashi marah dan menghukumnya, ia malah berkata, "Kau akan mengembalikannya seperti semula, bukan?"

Kalau menurutku, buku ini bagus, menarik, memiliki gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Ceritanya unik, dan benar menggambarkan perasaan gang dialami oleh si penulis saat itu. Kalau kekurangan buku ini mungkin harganya yang sedikit mahal.

Intinya, ceritanya seru sekali, bahasanya mudah dimengerti. Dan buku ini untuk anak berumur tujuh tahun ke atas (bila sudah bisa membaca dan nalar.) nah, tunggu apalagi? Ayo! Beli buku Totto Chan : Gadis Cilik di Jendela.

Terima kasih! Tunggu postingan Blog ku selanjutnya, ya!
Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes